OOTD Kita – Saat berpuasa, kebanyakan orang cenderung bermalas-malasan apalagi buat olahraga. Padahal, aktivitas fisik dan olahraga yang teratur selama Ramadan justru dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan dan membantu meningkatkan level energi. Olahraga apa yang terbaik yang dapat dilakukan ketika sedang menahan lapar dan haus seharian penuh ?

 

pgsoft slot

Berikut Tips Olahraga selama Ramadhan.

 

  • Kardio intensitas rendah. Lakukan latihan kardio intensitas rendah seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang di luar puasa (misalnya malam hari setelah salah tarawih). Usahakan untuk melakukan aktivitas sedang setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu.
  • Latihan beban tubuh. Bisa melakukan squat, lunge, push-up, dan plank di rumah atau di tempat yang tenang. Latihan-latihan ini membantu menjaga tonus dan kekuatan otot tanpa memerlukan peralatan.
  • Yoga dan peregangan. Latihan yoga ringan atau rutinitas peregangan bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas, mobilitas, dan relaksasi. Fokus pada pernapasan dalam dan konsenstrasi untuk meningkatkan hubungan pikiran-tubuh.
  • Latihan singkat intensitas tinggi. Pertimbangkan untuk melakukan latihan interval pendek dan intensitas tinggi selama jam-jam di luar puasa. Sesi ini biasanya berlangsung 20-30 menit dan melibatkan pergantian aktivitas intens dan waktu istirahat singkat.
  • Olahraga sebelum sahur. Jika memungkinkan, lakukan olahraga ringan atau rutinitas peregangan sebelum sahur untuk meningkatkan level energi dan metabolisme untuk hari yang akan datang.
  • Latihan setelah matahari terbenam. Jadwalkan latihan yang lebih intens, seperti latihan kekuatan atau sesi kardio, setelah berbuka puasa dan sebelum makan malam (tarawih).

 

maxwin slot

Perhatikan juga sinyal tubuh dan sesuaikan rutinitas olahraga. Jika merasa lelah atau pusing, pilihlah olahraga yang lebih ringan atau pertimbangkan untuk beristirahat. Apabila memiliki kondisi kesehatan atau kekhawatiran terkait berolahraga selama Ramadan, konsultasikan dengan profesional kesehatan atau pakar kebugaran untuk mendapatkan saran dan bimbingan pribadi.

 

Baca juga : Olahraga Ringan Di Bulan Puasa.