OOTD Kita – Indonesia resmi menanda tangani kontrak pengadaan dua kapal selam buatan Prancis, Scorpene, dari perusahaan Naval Group.  Naval Group, dalam keterangan resminya, mengatakan RI telah memesan dua kapal selam sebagai bagian dari perjanjian kerja sama pertahanan yang telah ditandatangani dengan Prancis pada 2021.

 

pola slot

Berdasarkan perjanjian itu, Naval Group bakal mentransfer teknologi kapal selam, sementara manajemen, operasi, dan pemeliharaan akan dilakukan oleh Indonesia. Kapal yang dibeli Indonesia adalah Scorpene Evolved. Naval Group menyebut Scorpene Evolved adalah kapal selam serang bekinerja tinggi yang dilengkapi dengan sistem energi mutakhir. Kapal selam Scorpene merupakan kapal selam diesel elektrik dengan enam tabung peluncur yang mampu membawa 18 torpedo dan peluru-peluru kendali.

 

maxwin slot

Selain itu, kapal selam ini juga sudah dilengkapi dengan sistem tempur generasi terbaru, SUBTICS. Scorpene memiliki panjang 72 meter dan dapat menyelam sedalam 300 meter. Kapal ini bisa berada di bawah air selama lebih dari 12 hari dan mengangkut 31 awak.  Kapal ini diklaim dapat digunakan untuk berbagai misi, mulai dari operasi khusus hingga pengumpulan intelijen. Kapal ini juga sangat tersembunyi dan cepat, karena memiliki tingkat otomatisasi operasi yang memungkinkan jumlah kru terbatas.

 

freebet slot

Pierre Eric Pommellet, kepala eksekutif Naval Group, mengaku sangat terhormat dengan kerja sama ini. Menurutnya kapal-kapal ini bakal memperkuat kedaulatan maritim Indonesia dan mendukung Angkatan Laut RI dalam mencapai keunggulan di kawasan laut Asia Pasifik. Sementara itu Direktur Utama PT PAL, Kaharuddin Djenod,  mengatakan kesepakatan kapal selam ini menunjukkan komitmen tinggi dan kepercayaan pemerintah RI pada kemampuan insinyur lokal untuk memajukan teknologi pertahanan.